• Posted by : admin Lunes, Pebrero 6, 2017

    Bersatu NKRI - Bosan dengan pekerjaan yang tidak Anda sukai dan berkhayal bisa pensiun dini? Sepertinya hal ini bukan lagi hayalan bila Anda tahu cara mewujudkannya.
    Nah, buat Anda yang ingin pensiun muda ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut ini ulasan selengkapnya seperti dikutip dari Bersatu NKRI

    Ringankan beban

    Ada banyak cara yang sebelumnya tidak Anda sadari dapat meringankan beban pengeluaran. Contohnya mengganti provider asuransi, tv kabel, internet, atau bahkan operator telekomunikasi.
    Coba tanya lagi pada diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkan tv kabel? Lantas bagaimana dengan iuran langganan gym yang fasilitasnya jarang Anda manfaatkan?

    Anda juga bisa mencukur pengeluaran lain yang lebih berbiaya besar, seperti pindah ke rumah yang lebih kecil, menjual mobil kedua yang tak Anda gunakan.

    Berbarengan dengan itu, Anda bisa mencermati biaya-biaya pada tabungan dan instrumen investasi Anda. Perhatikan apakah biaya tersebut cukup besar dalam jangka panjang?
    [ GABUNG SEKARANG BERSAMA AGEN BOLA SBOBET RESMI ]
    Jika iya, sebaiknya Anda harus mengubah portofolio instrumen investasi tersebut. Pilih investasi yang memberikan keuntungan besar, namun memiliki biaya administrasi kecil. Dengan begitu, hasil yang akan Anda peroleh akan semakin besar ke depannya.

    Pertimbangkan pensiun di luar kota

    Sebelum memutuskan pensiun dini, pertimbangkan dahulu gaya hidup seperti apa yang Anda pilih berdasarkan penghasilan Anda saat ini. Karena penghasilan Anda akan berkurang drastis nantinya.

    Cobalah mencari lokasi pensiun dengan rata-rata biaya hidup paling murah. Bila Anda bekerja di Jakarta, Anda bisa memilih daerah pensiun di Cirebon, Yogyakarta atau Solo. Jangan lakukan hal sebaliknya, karena akan membuat simpanan pensiun Anda cepat tergerus.

    Siapkan pemasukan saat pensiun

    Bila Anda akan pensiun, tetap pikirkan pemasukan agar hidup Anda tidak sulit. Anda bisa mendapatkan pemasukan yang bersifat pasif dengan berinvestasi.

    Selain berinvestasi, cara lainnya adalah dengan menyiapkan bisnis. Sejak sekarang carilah bisnis yang bisa Anda lakukan saat pensiun.

    Salah satunya mungkin bisa berkaitan dengan minat dan hobi yang Anda sukai sekarang. Contohnya, bisnis budidaya tanaman atau hewan peliharaan.

    Bila Anda hobi dengan properti, pilihan rumah kontrakan akan menarik untuk Anda. Semakin banyak kantong pemasukan, semakin Anda terhindar dari kesulitan saat pensiun.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Bersatu NKRI - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -