• Posted by : admin Sabado, Mayo 20, 2017


    Bersatunkri , Siapa Sangka , Ternyata Pohon kedondong bisa menghasilkan listrik , Naufal Raziq , bocah asal Aceh berusia 15 tahun sang penemuan , Ia berhasil membuat listrik dari pohon kedondong sejak 2 tahun lalu saat masih berusai 13 tahun .


    Dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  (IPA) disekolah , Naufal mengenal buah-buahan seperti mangga ,belimbing ,asam jawa bisa menghasilkan arus listrik karena punya kandungan asam .

    Di Bangku SD , Naufal pernah melakukan percobaan , ia memasukkan lempeng tembaga dan logan ke dalam kentang , ada arus listrik yang muncul dari sinilah inspirasi awal Naufal.

    Kemudian tercetus ide untuk mencobanya pada pohon , Seperti halnya buah , Pohon juga mengandung asam , Pengagum BJ Habibie dan Thomas Alfa Edison ini lalu mencobanya pada sejumlah pohon seperti pohon mangga , pohon belimbing , hingga akhirnya pohon kedondong .

    Masing-masing pohon memiliki kelebihan , tapi Naufal memilih pohon kedondong karna hanya membutuhkan tembaga , logam , kain atau tisue . Kain atau tisue ini dipakai untuk melapisi tembaga dan logam . Pohon dilubangi , lalu tembaga dan logam yang sudah dilapisi kain/tissue di masukkan ke pohon yang sudah dilobangi tersebut .

    Fungsi kain/tissue adalah menyerap asam dari pohon , lalu menghantarkan ke tembaga dan logam , Dari sanalah timbul listrik .

    Untuk pembuatan energi nya , terutama kita butuh tembaga sama logam untuk mengubah asam menjadi listrik , sebelum dimasukkan ke pohon , kita lapis tembaga dan logam dengan tissue atau kain , fungsinya untuk menyerap asam kita lipat jadi satu ,dipasang kepohon

    Tiap lobang dipohon kedondong dapat menghasilkan arus listrik sebesar 1 Volt , Setiap pohon kedondong bisa dibuat 4 lobang dan menghasilkan 4volt . Maka listrik dari 4pohon kedondong bisa menyalakan 1 lampu .

    Penemuan Naufal ini telah diaplikasi untuk menerangi puluhan rumah di Desa Tampar Paloh , Langsa , Aceh .

    Biaya yang dibutuhkan untuk menyalakan 2 lampu (dari listrik pohon kedondong ) ini Rp. 1.2juta . untuk saat ini Naufal sudah dibina Oleh Pihak Pertamina , Jadi semua biaya Pertamina yang mensubsidi , Masyarakat hanya tinggal sediakan pohon saja .


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Bersatu NKRI - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -